PSHT merupakan
organisasi / perguruan pencaksilat yang berdiri di Madiun, tepatnya di desa Pilangbango Kota Madiun pada tahun 1922 oleh Ki Hadjar Hardjo Oetomo, murid dari Ki Ngabei Soerodiwirjo. pada awalnya, PSHT memiliki nama Setia Hati Pencak Sport Club, yang pada saat itu sempat dibekukan kegiatan perguruan oleh belanda karena mengandung kata "pencak", dan Ki Ngabei Soerodiwirjo ditahan oleh belanda di penjara Madiun,Cipinang, sampai ke Penjara Padang Sumatera. guna menghidupkan kegiatan perguruan dan menghindari sergapan belanda, maka kata "Pencak" dihilangkan dan diganti dengan kata "Pemuda" sehingga berubah menjadi Setia Hati Pemuda Sport Club. tepat setelah RI diduduki oleh Jepang, nama SH PSC dirubah menjadi SH Terate oleh Ki Hadjar berdasarkan hasil pandangan beliau beseta murid-muridnya dan bertahan sampai dengan saat ini.
pada masa awal, PSHT merupakan perguruan pencak silat tanpa berbentuk organisasi, tapi pada sekitar tahun 1948-an, berdasarkan rapat para petinggi dan sesepuh,telah diputuskan berubah bentuk menjadi organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate yang memiliki AD/ART dalam menjalankan roda organisasi.
pada perkembangannya, setelah Ki Hadjar wafat, PSHT dibesarkan dengan sangat baik oleh Alm. RM. Imam Koesoepangat, dan sampai akhirnya PSHT dapat berkembang pesat sampai dengan hari ini dengan memiliki kompleks padepokan pusat yang berlokasi di wilayah Nambangan Kidul Madiun dengan Mas Tarmadji B. Harsono selaku Ketua Umum Pusat PSHT sekarang.
seiring dengan berjalannya waktu, PSHT tidak hanya berkutat pada bidang pencaksilat saja, tapi juga melebarkan sayap di bidang-bidang lain yang bertujuan untuk kepentingan masyarakat luas, a.l : pendidikan (dengan mendirikan SMP & SMIP Kussuma Terate), ekonomi (Koperasi Terate Manunggal) dan dalam tempo yang akan datang segera dibangun sarana kesehatan untuk masyarakat umum di wilayah padepokan PSHT pusat. selain itu, dalam bidang prestasi, PSHT tidak pernah absen dalam menghasilkan atlit2 guna mendulang medali, baik dalam tingkat nasional/internasional.


Rabu, 04 Agustus 2010

Suasana UKT Hijau ke Putih PSHT se Cabang Bangkalan

Tanggal 31 Juli 2010 bertempat di SMA Negeri 1 Tanjung Bumi, PSHT Cabang Bangkalan mengadakan UKT (Ujian Kenaikan Tingkat) Sabuk Hijau ke Sabuk Putih. Kegiatan ini diikuti 68 Peserta dari berbagai Ranting. diantaranya: Ranting Kota Bangkalan, Ranting Kwanyar, Ranting Tragah, Ranting Arosbaya, Ranting Sepulu, Ranting Tanjung Bumi, dan Ranting Kokop. Materi yang di Teskan ialah Jurus, Senam, Jurus dan Senam Toya, Kuncian seperti Belati, Pitingan, Salaman, dan juga ke SH an.

Untuk pengambilan sabuk dilaksanakan di tiap rantingnya masing-masing. dan ini Foto kegiatan Tes:




Nih... Calon Pendekar Cewek







Selamat untuk Siswa yang telah naik tingkat ke Putih. Ke tingkat Warga tinggal selangkah lagi menuju anggota PSHT sepenuhnya. Terus Berjuang!

Tidak ada komentar: